UAS Komunikasi Multimedia

    Pada post kali ini saya akan memperkenalkan sebuah program pembuat aplikasi yang menggunakan bahasa pemrograman dasar, yaitu Scratch. Scratch dapat digunakan untuk membuat animasi sederhana dengan menambahkan objek gambar pada workplace dan menambahkan fungsi gerak pada objek tersebut.  Objek juga dapat berinteraksi satu sama lain menggunakan pengecekan nilai variabel layaknya bahasa pemrograman biasa.




Video dibawah merupakan sebuah demo singkat atas sebuah permainan sederhana yang saya buat di Scratch. Video menunjukkan seorang gadis yang melompat jika [space] ditekan untuk menghindari berbagai macam benda yang akan melewatinya. Permainan akan selesai jika pengguna terlambat untuk melompat.




Cara kerjanya adalah dengan membuat loop sebagai dasar dari kode tersebut untuk mengulang pemunculan dan translasi benda untuk mensimulasi pergerakan benda ke arah kanan. Sebuah algoritma kolisi juka diimplementasikan dengan cara membuat jendela waktu dimana [space] dapat ditekan. Jika [space] ditekan diluar jendela waktu tersebut maka sistem akan nyatakan bahwa gadis dan benda tersebut bertabrakan dan permainan akan selesai.


Balerina Jump

Comments